IR. AGUS SUYANTO, M.MA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rakhmat, taufik, dan hidayah-Nya sehingga kita dapat terus membangun negeri tercinta ini melalui pendidikan. Pendidikan merupakan modal dasar untuk mencerahkan dan memajukan kehidupan bangsa. Fakultas Pertanian Universitas Panca Bhakti sudah berdiri sejak tahun 1982 dengan memiliki dua (2) program studi yaitu Program Studi Agroteknologi dan Program Studi Agribisnis dan sudah terakreditasi oleh BAN-PT dengan peringkat B. Fakultas Pertanian UPB sendiri sudah menghasilkan lulusan sebanyak 1.665 orang dengan rincian 1.256 orang alumni prodi Agroteknologi dan 409 orang alumni prodi Agribisnis. Sinergi dengan alumni selalu dibina untuk membantu pengembangan Fakultas Pertanian UPB kedepan.  Aset yang dimiliki Fakultas Pertanian UPB, terutama SDM nya, merupakan potensi yang sangat besar untuk berperan aktif dalam membangun kedaulatan dan ketahanan pangan di Kalimantan Barat pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Lulusan FP UPB sudah banyak ikut berkiprah dan berkontribusi dalam berbagai aspek dan tidak terbatas pada bidang pertanian baik ditingkat Regional Kalimantan Barat, Nasional dan bahkan tingkat Internasional.

Di tengah dinamika zaman yang terus berubah dan semakin penuh tantangan ini diperlukan kepemimpinan dan teamwork yang kuat untuk dapat mewujudkan visi dan misi institusi yang telah digariskan dalam Kebijakan Umum Universitas. Fakultas Pertanian Universitas Panca Bhakti sendiri memiliki sebuah Visi yaitu “Pada tahun 2025 Menjadi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Terbaik dibidang Pertanian Berkelanjutan di Kalimantan Barat”. Dalam rangka mewujudkan Visi Fakultas Pertanian tersebut, maka kami selalu berupaya untuk meningkatkan standar mutu baik mutu akademik, sumber daya manusia, sarana dan prasarana. Selain itu, untuk menunjang pelaksanaan visi yang sudah ditetapkan, FP UPB selalu memperkuat kemampuan inovasi dan menyiapkan putra-putri terbaik Indonesia menjadi ahli pertanian yang humanis dan profesional, pemimpin masa depan yang unggul dan arif. Agar dapat memberikan bekal terbaik bagi mahasiswa, FP UPB terus meningkatkan mutu pendidikannya baik melalui pembaruan kurikulum, pembelajaran, maupun pengembangan mahasiswa secara holistik. Pembelajaran bagi generasi-Z, yang bercirikan percaya diri, kreatif, dan selalu terhubung, merupakan tantangan tersendiri yang harus direspons dengan cepat. Diharapkan upaya-upaya yang telah dilakukan tersebut dapat meningkatkan peran serta Fakultas Pertanian Universitas Panca Bhakti di masyarakat baik ditingkat regional Kalimantan Barat maupun tingkat Nasional. Upaya-upaya tersebut sepenuhnya didukung oleh Universitas Panca Bhakti guna mewujudkan Universitas Panca Bhakti sebagai Lembaga terdepan dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Kalimantan Barat.

Fakultas Pertanian UPB akan terus meningkatkan diri agar dapat selalu memberikan yang terbaik bagi mahasiswa, bagi masyarakat, dan membangun kemandirian pangan bangsa dan negara. Semoga Allah SWT selalu membimbing dan meridhoi langkah kita mencerdaskan kehidupan bangsa. Aamiin.