Desa Sungai Rengas merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Sungai Kakap Kalimantan Barat yang ditetapkan pemerintah propinsi Kalimantan Barat sebagai daerah penyangga (buffer stock) untuk kebutuhan beras kota. Hal ini terbukti dengan dijadikannya daerah tersebut (Kecamatan Sungai Kakap) sebagai salah satu sentra Kawasan Usaha Agribisnis Terpadu (KUAT). Gerakan Satu Juta ton Beras (Gentaton Beras) yang merupakan program Pemprov Kalbar juga menyasar daerah ini, mengingat potensi sumber daya lahan yang masih luas dan memang secara tradisional daerah ini sebagai salah satu penghasil beras di Kalimantan Barat. Oleh karena itu di daerah tersebut banyak terdapat limbah berupa sekam padi. Selama ini pemanfaatan sekam padi yang dipahami oleh sebagian besar anggota kelompok tani di daerah ini hanya sebagai sumber pupuk organik, ternyata sekam padi juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif, untuk mensubstitusi energi minyak tanah atau gas, yang sudah semakin langka dan mahal harganya yaitu dengan pembuatan briket.

Selain itu di daerah Sungai Rengas tersebut juga banyak terdapat industri kecil pengolahan kayu yang menghasilkan limbah serbuk gergaji (serbuk kayu). Limbah serbuk gergaji dapat dicampur dengan sekam padi dalam pembuatan briket. Dengan demikian teknologi pemanfaatan sekam padi dan serbuk gergaji untuk pembuatan briket sebagai sumber energi alternatif perlu di transfer ke kelompok tani.

Terkait dengan hal ini, Tim PPM UPB tahun 2017 telah melakukan pembimbingan dan pendampingan tentang teknologi pemanfaatan sumber daya lokal yang tersedia berupa limbah sekam padi dan serbuk gergaji (serbuk kayu) untuk dapat digunakan sebagai bahan briket yang bermanfaat sebagai sumber energi alternatif pada Kelompok Tani Giat Bersama dan Kelompok Tani Bangka Hulu di Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya yang diketuai oleh Ir. Sri Andayani, M.MA dengan anggota Ir. Wingkis Rabumi, M.Sc.Kegiatan ini juga melibatkan 2 orang mahasiswa pendamping tingkat akhir (Johansyah dan Ratna) yang juga berasal dari Desa Sungai Rengas. Melalui kegiatan PPM ini petani dapat memanfaatkan sumber daya lokal yang tersedia berupa limbah sekam padi dan serbuk gergaji (serbuk kayu) untuk dapat digunakan sebagai bahan briket yang bermanfaat sebagai sumber energi alternatif.

 
( BRIKET YANG SUDAH DI CETAK, SIAP DIJEMUR )  ( APLIKASI BRIKET UNTUK MEMASAK )

 

(Visited 150 times, 1 visits today)